library
library
library

APLIKASI PENGENALAN HEWAN LAUT DALAM “DESEA-ENS” BERBASIS AUGMENTED REALITY

Type : Text

Image of APLIKASI PENGENALAN HEWAN LAUT DALAM
“DESEA-ENS” BERBASIS AUGMENTED REALITY

Penulis :

DENI APRIANTO - Personal Name
NURCAHYO ASWIN DAMASWORO - Personal Name
Pembimbing : (1) Dyah Ayu Irawati, ST., M.Cs. (2) Ekojono, ST., M.Kom. - Personal Name

Abstrak

ABSTRAK
Aprianto, Deni dan Damasworo, Nurcahyo Aswin. ”Aplikasi Pengenalan Hewan Laut Dalam Desea-ens Berbasis Augmented Reality”. Pembimbing : (1) Dyah Ayu Irawati, ST., M.Cs. (2) Ekojono, ST., M.Kom.
Laporan Akhir, Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, 2017
Hewan laut dalam merupakan jenis - jenis hewan yang sulit dijangkau untuk dilihat secara mudah karena tempat tinggal hewan tersebut melebihi batas kedalaman yang dapat dicapai manusia secara normal. Pengetahuan dan penelitian tentang hewan ini masih minim sehingga banyak yang tidak mengetahui terutama pada siswa – siswi yang belajar tentang ekosistem pada IPA sehingga dengan berkembangnya teknologi masa kini maka dibuatlah aplikasi berbasis Android menggunakan Augmented Reality dengan menggunakan software Blender, Unity dan Vuforia SDK. Aplikasi ini menampilkan hewan laut dalam berbentuk objek dengan informasi penelitian tentang hewan tersebut dan tingkah laku seperti cara berenang dan makan. Fungsi hiburan pada aplikasi ditambahkan mini game penjelajahan bawah laut untuk menghibur para pengguna aplikasi. Pengujian dilakukan pada SMPN 1 Muhammadiyah Pasuruan menunjukkan tingkat ketertarikan pada aplikasi dengan total sebesar 81.5% dari 5 indikasi ketertarikan pada kuisioner. Dengan adanya aplikasi ini para siswa – siswi dapat mengetahui dan mendapat informasi lebih tentang ikan laut dalam.
Kata Kunci: Augmented reality, Hewan laut dalam, Desea-ens
ABSTRACT
Aprianto, Deni and Damasworo, Nurcahyo Aswin. ”Augmented Reality-Based on Application Deep Sea Creature Introduction “DeSea-Ens” ”. Advisors: (1) Dyah Ayu Irawati, ST., M.Cs. (2) Ekojono, ST., M.Kom.
Final Report, Informatics Management Study Programme, Department of Information Technology, State Polytechnic of Malang, 2017.
Deep-sea animals are the most inaccessible species to be seen because the animal's abode exceeds the depth that humans can attain normally. Knowledge and research about these animals is still minimum therefore many are unknown about them especially students who learn about the ecosystem in Science Subject. With the development of today's technology, an Android-based application using Augmented Reality can be created using Blender software, Unity and Vuforia SDK. This application features deep-shaped marine animals with research information about the animal and their behavior such as swimming and eating. Entertainment feature in the application is added in the form of a mini game underwater exploration to entertain users.The application testing was held at Muhammadiyah 1 Junior High School Pasuruan and the results show a significant interest in the application of 81.5% from 5 interest indication from the questionnaire. With this application, the students can learn and know more about the deep sea creatures.
Keyword: Augmented reality, Deep Sea Creature, Desea-ens


Ketersediaan

LA0240My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Lampiran Berkas

Maaf Anda Tidak Memiliki Hak Akses